Home

Selasa, 30 Oktober 2012

The Way So Far...





Hi blogger, akhirnya bisa bersua lagi dengan blog kesayangan dan sahabatku ini. Setelah sekian lama gak update-update blog. Alhamdulillah hari ini masih bisa ketemu waktu luang. Aku punya banyak cerita dari hari-hari yang telah kujalani sebelumnya.
This way so far.., dari usaha perjalanan seorang jobseeker, hari-hari yang saya lalui cukup sibuk dan rumit. Kadang-kadang ada satu minggu yang agak lowong, namu minggu lainnya penuh jadwal interview, psikotes, dan lain sebagainya.

Di ODP bank Mandiri, saya sendiri gagal di  Di Metro TV, lebih ngenes lagi, pas psikotes gak lolos. Di tempat lain, saya udah sering diinterview tapi mungkin belum rejeki kali ya. Ada juga beberapa yang saya gak ambil karena kurang sreg sama lokasi kerja dan pekerjannya sendiri. (Loh, kalo dipikir-pikir dalam 3 bulan terakhir ini udah banyak juga ya, perusahaan yang aku datengi, kalo diitung-itung ada tuh puluhan).

Namun, pada bulan September lalu agenda saya dipenuhi oleh jadwal tes seleksi ODP sebuah bank umum daerah. I won’t tell you the name regarding the risk okay. Pada awalnya, saya cukup senang karena di seleksi ODP bank ini saya bisa sampai tahap terakhir yang artinya saya bisa menyisihkan sekitar dua ribu an orang.

Seleksi ODP di Bank milik pemprov suatu daerah ini tahapannya hampir sama dengan ODP di tempat lain. Pada awalnya, saya Cuma iseng-iseng aja kirim lamaran karena waktu itu saya terlalu nafsu sampe kirim lamaran di semua tempat.
Proses pertama yang saya ikuti adalah interview. Interview awal sendiri singkat dan saya diminta untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Saya langsung saja minta dalam bahasa Inggris. Alhamdulillah, lancar. Soalnya udah pernah juga diinterview pake bahasa Inggris di tempat lain kan. Yang pertama di UNGC (hikss...sedih banget deh yang ini) sama di Yayasan AFS itu. Bapaknya cukup seneng dan menurut saya diapun orang yang ramah. Dia juga ternyata alumni SMP 87 juga.
Then, saya lolos ke tahap TPA dan TPB. Tes ini sendiri sebenarnya adalah tes untuk masuk program S2. Kalo mau belajar dari buku-buku psikotes atau TPA sebenarnya soalnya sama. Tapi memang waktunya sebentar. Jadi saya gak tau apa yang bikin saya lulus. Padahal saya jawabnya gak yakin. Terus langsung lanjut TPB atau  tes bahasa Inggris. Tes ini TOEFL banget. Saya yakin soalnya dirancang mengikuti soal TOEFL. Tapi emang lebih susah dari tes TOEFL ITP yang saya ikuti di LBI FIB UI. Untuk kedua tes ini alhamdulillah saya lolos juga.


Lanjut, ke psikotes. Pertama kali mulai tes udah di kasih soal Kraepelin. Hmm...lumayan deh pagi-pagi. Menurut saya sendiri saya payah banget pas ngerjainnya karena jumlah penambahan angkanya rendah. Gak sampe 14 baris deh, sementara di samping saya orang-orang bisa sampe baris 20 ke atas. Tes psikotes berikutnya gambar pohon, orang, rumah, dan tes wartegg. Yah ini standar lah. Cuma waktunya itu sebentar banget. Jadi gambar yang saya buat abstrak semua. Apalagi pohonnya itu gak keliatan seperti pohon deh pokoknya.
Anehnya saya lolos juga psikotes. Apa mungkin pas FGD saya agak aktif atau karena ada tes lain yang membuat saya bagus. Pokoknya saya yakin aja lah ini udah takdir Allah swt. Tes berikutnya adalah wawancara dengan Direksi. Saya sendiri kebagian dapet pak Dirut nya. Di wawancara langsung di kantor nya beliau yang ada di kantor pusat bank tersebut. Yah, grogi-grogi deh apalagi pake bahasa Inggris. Beliau lebih nanya latar belakang ku dan keluarga ku. Terus hubungan backgroun studi ku dengan industri perbankan dan bagaiman komitmen yang akan aku beri kalo aku udah bergabung. Aku jawab sebisanya aja. Duh, aku gak pedenya begini ini, kalo ada yang nanya jurusan dan pelajaran yang aku pelajarin. Apalagi kalo dari perusahaan bank. Soalnya saya sama sekali gak dapat materi mengenai perbankan. Selama ini saya Cuma baca dari buku-buku aja mengenai istilah perbankan. Aku Cuma jawab kalo di jurusan itu kita banyak belajar teknik konsultasi dan psikologi, meski bukan dari jurusan psikoklogi, jadi akan cocok di tempatin di bagian SDM.
Dan keanehan kedua saya juga lolos. Dari awal saya mengira mungkin ini akibat doa ibu saya. Orangtua terutama ibu memang sangat senang dan mendukung saya supaya bisa lolos di bank ini karena menurutnya nanti saya bisa di tempatkan di Jakarta secara domisili dan kepemilikan bank ini juga dari pemda. Selama saya tes bapak selalu mengantarkan. Karena tesnya pagi terus dan tempatnya juga gak deket. Kalo bapak gak bisa jemput pasti numpang tukang ojek, bayar 60rb dari ciputat-manggarai. (Lumayan kan). Sumpah, ini yang bikin saya gak enak sama orangtua. Pengorbanan mereka udah besar banget. Makanya saya juga berusaha di tes ini.
Namun, ini antiklimaks dari perjalanan saya mengikuti tes odp bank ini. Dua hari sebelum mulai pelatihan ODP saya dan 24 teman baru dikasih tahu detail kontrak kerjanya. Dan, ini antiklimaks banget deh. Kita yang dari awal udah seneng ternyata terpaksa harus di kecewakan dengan kontrak kerja yang jauh dari harapan. Teman-teman berharap bisa dapat gaji/uang saku 2,7jt kayak peserta ODP tahun lalu. Nyatanya uang kita itu harus dipotong 1,3jt untuk penginapan dan sisanya 1,7jt. Makan pagi dan malam gak ditanggung. Gak ada asuransi kesehatan, kecuali sakit yang berat banget ya. Dan saya juga baru tahu pelatihannya itu di Jogja pada hari Senin saat medical check up. Yah, sebenarnya saya gak keberatan dengan uang saku dan lokasi pelatihannya Cuma saya gak sreg dengan kontrak yang baru di kasih tau “ in the last minute”. Saya kan sudah meng-cancel panggilan interview dari perusahaan lain. Selain itu kita temen-temen juga belum ada yang melengkai dokumen SKCK, surat keterangan domisili, NPWP. Kalo menurut saya dokumen-dokumen itu gak bisa disiapkan sehari aja. Aneh juga untuk ukurang bank daerah yang sudah cukup terkenal. Kok, jadi gak perusahana yang future-future gini sih.

Illustration depicting a directional roadsign with a choices concept. Dramatic sky background. Stock Photo - 14731328
Akhirnya kita ber 24 langsung ngumpul pada malem itu di kantor pusat bank nya. Kita bahas kekecewaan kita. Beberapa teman bahkan udah ada yang bertekad gak mau ambil. Tapi kebanyakan tetep ambil aja karena udah capek juga ikut rangkaina tesnya sebulan penuh. Saya sendiri sebenarnya punya banyak pertimbangan untuk lan jut atau gak lanjut. Kalo lanjut saya harus mau untuk bisa cocok dengan 3 bidang dimana saya akan ditempatkan nanti, yaitu Treasury, Wealth Management, sama Credit. Kata kakak saya ketiga-tiganya itu pelajaran Finance semua yang susah dipelajari dalam waktu singkat kecuali aku punya basicnya. Jujur kalo ada international banking atau sales and marketing mungkin saya masih bisa ngikutin. Saya emang belum paham banget ketiga benda itu (Treasury, Wealth Management, Credit) tapi saya yakin ini emang bidangnya manajer keuangan.  Bagaimana kita ngelola uang perusahaan dan kekayaan bank sama analisa kredit. Saya takut gak bisa kompeten di bidangnya. Seandainya saya tahu ini dari awal mungkin saya udah gak lanjut ikut tesnya. Pertimbangan lain yang membuat saya ingin ambil adalah karena saya bener-bener gak enak sama orang tua saya. Bapak selalu membolehkan saya nebeng mobilnya setiap kali akan berangkat tes. Ibu sampe nazar 7 hari puasa berturut-turut. Ya Allah....kalau pun saya harus terpaksa ambil karena orang tua mengharuskan saya akan tetap berangkat. Apapun yang penting buat bapak ibu bahagia.
The word Careers surrounded by doors in many colors Stock Photo - 6756516
Tapi setelah saya jelaskan kontrak ini ke mereka pada saat saya pulang ke rumah, mereka gak kalah jeding sama temen-temen saya tadi. Mereka tadinya mendukung, tiba-tiba bilang “Yaah...tau gitu gak usah diambil aja deh de”. Orang tua saya keberatan dengan kontraknya yang tiga tahun serta penalty nya yang ratusan juta itu. Apalagi kalo kita gak lulus nanti akan dijadikan karyawan kontrak selama 3 tahun dengan gaji 1,9 jt di bagian frontlier (teller atau costumer service). Mereka bener-bener gak mau kejadian kayak gini. Mereka cukup kecewa dan kesal dengan penyelenggara tes dan bank sendiri. Kenapa gak dijelaskan dari awal. Karena kurang informatif saja semua hal jadi berantakan. Makan hati rasanya..

Bapak sudah yakin melarang saya untuk tidak ambil dan fokus ke yang lain saja. Ibu sendiri masih ragu dan kalo didengar dari kata-katanya sepertinya ingin saya cepet kerja, apalagi gaji dari bank ini lumayan besar untuk ukuran sebuah bank. Tapi beliau juga gak mau bayar penalty atau menerima kenyataan tiba-tiba saya nanti gagal ODP. Belum lagi remunerasi yang gak sesuai untuk pelatihan di luar kota.
Bismillah....saya putuskan. Dari awal memang saya sudah gak yakin. Dan dari pengalaman saya kalo mengikuti sesuait yang saya sendiri sudah ragu dari awal biasanya di belakangnya gak akan bagus. Entah mengapa dari awal memang saya sudah ingin fokus ke bank Muamalat. Saya pun ikut ODP bank ini karena udah 3 bulan gak dapat kabar dari Bank Muamalat. Ternyata saya baru saja di hubungi sama bank Muamalat untuk ikut tes mereka.
Saya putuskan untuk tidak mengambil bersama 3 orang teman lain. Memang ini keputusan yang berat dan beresiko sepertinya. Tapi mau diambil pun juga pasti ada resikonya kan. Saya lebih siap kerja keras lagi cari kerja dari pada dikungkung dalam hal yang saya udah  gak yakin saya bisa profesional disana.
Bismillah...saat ini saya sedang sibuk ikut tes ODP lagi di bank Muamalat. Yah...ibaratnya jadi mulai dari  0 lagi. Tapi dari situ saya belajar untuk lebih baik lagi dalam setiap tahapan tes. Saya belajar dari hal-hal yang saya kurang saat tes sebelumnya. Saya tahu memang pasti ada kemungkinan untuk saya gak lulus. Tapi bismillah....saya berdoa. Saya yakin kepada Allah kalo memang sudah jalannya pasti akan dimudahkan. 


Sekarang lagi nunggu hasil interview kemarin. Psikotes di bank Muamalat sendiri emang susah. Susah banget. Dan setiap tahapn berlaku sistem gugur. Saya tahu selesi ODP ini lebih keras dan sulit.
Saya sendiri sudah lumayan cukup banyak membekali diri dengan ilmu perbankan syariah. Saya banyak baca buku perbankan syariah. Duh, di rumah udah banyak banget buku perbankan syariah sekarang. Saya ikut kuliah ekonomi informal (KIEI) dari FSI FE UI selama 3 bulan. Memang saya itu orang yang selalu ingin yang terbaik dalam segala hal. Tapi kalo misalnya (naudzubillah) saya kena sistem gugur, saya seharusnya jangan menyesal karena setidaknya belajar ilmu muamalah itu kan fardhu ain, bukan buat tes aja. Dan saya senang belajar ilmu muamalah karena kalau saya jadi ibu rumah tangga nanti pasti harus bisa investasi, atur uang, dll nya kan. Dan katanya Umar ra. Kita emang harus bisa ilmu muamalah sebelum berdagang/berusaha.
Sekarang saya sedang berdoa banyak puasa dan ibadah lainnya agar Allah memudahkan jalan saya ke depan. Segala kesulitan dalam perjalanan mencari kerja ini saya yakini sebagai cara Allah untuk bisa membuat saya lebih dekat kepada Nya. Skenario tuhan itu unik. Dan pasti Allah akan selau memberikan yang terbaik bagi hamba Nya. Yang bisa manusia lakukan adalah dengan menjaga iman, perilaku, dan banyak berdoa agar mendapat petunjuk dari Yang Maha Kuasa. 

photo credit:
machoarts.com
123rf.com
jobsrecruit.blogspot.com

1 komentar:

  1. pengalaman yang menarik. kebetulan saya lagi tes muamalat. hehe

    BalasHapus