Home

Jumat, 10 Agustus 2012

Mempersiapkan Diri untuk Tes TOEFL Dalam Waktu 10 Hari

Sekarang memang sudah tidak diragukan lagi kalau tes TOEFL menjadi alat assesment andalan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris kita. Di hampir semua institusi di Indonesia baik sekolah maupun kantor rata-rata mensyaratkan nilai TOEFL.

Baru-baru ini saya mengambil tes TOEFL tepatnya tanggal 4 Agustus lalu di LBI FIB UI, Alhamdulillah walau berbekal persiapan yang minim kurang dari 10 hari saya bisa mendapat skor 577.

Pada dasarnya, rata-rata orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan format tes TOEFL tapi masih banyak yang kesulitan untuk mendapatkan nilai di atas 500. Sebenarnya, hal ini kembali lagi ke faktor persiapan masing-masing individu. Meski kemampuan bahasa Inggrisnya semasa di sekolah bagus namun kalau tidak dipersiapkan dengan baik untuk berlatih soal TOEFL saya yakin hasilnya jelek.

Menurut Cliff, nilai TOEFL terendah adalah 300 yang berarti tidak ada satu jawaban pun yang benar. Berarti kalau kita ikut tes TOEFL dan matanya ditutup, kita bisa dapet skor 300 bukan 0, tapi tentu saja nilai tersebut tidak akan lolos untuk masuk universitas atau insitusi kerja. Nilai tertinggi TOEFL adalah 700, berarti sempurna, tidak ada jawaban yang salah.

toefl-test.jpg

Berdasarkan pengalaman saya, ada teman yang waktu SMA dulu pernah dapat skor TOEFL 700. Ia memang sudah lama tinggal di luar negeri. Kalau menurut saya intensitas berkomunikasi kita dengan native speaker bisa menentukan kemampuan bahasa Inggris kita. Namun, ada juga teman saya yang tidak pernah ke luar negeri tapi skor TOEFL nya 600. Kok bisa?. Ternyata meski dulu tes tersebut diadakan dadakan, teman saya itu memang sudah suka baca novel dalam bahasa Inggris. Jadi, kemampuan bahasa Inggris kita harus diasah terus menerus tidak bisa dadakan kayak mau tes matematika di sekolah dulu. Hehehehehe...

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan skol TOEFL di atas 500 atau 550 dengan persiapan yang minim. Saya sendiri kemarin hanya punya waktu persiapan sekitar 10 hari, padahal saya sudah lupa grammar dan kemampuan listening saya masih payah. Alhamdulillah saya bisa dapat skor 577. Berikut ini adalah tips dan trik yang saya lakukan untuk mendapatkan skor TOEFL dengan persiapan yang minim:

1. Belajar secara efektif dan tetap tenang. Meski tes ini penting dan menentukan masa depan (misalnya bagi yang akan tes CPNS besok) tetap tenang agar kita bisa belajar optimal.

2. Belajar secara efisien dari buku-buku preparation TOEFL yang ringkas namun komprehensif. Jangan pilih buku yang terlalu tebal karena khawatir tidak akan bisa dibaca.

3. Pilihlah buku yang ditulis penulis asing dan tahun penerbitannya baru.

4. Pilih buku yang ada CD listening dan soal paket TOEFL minimal 6 paket soal.

5. Pilih juga buku yang ada kunci jawaban dan pembahasannya.

Saya sendiri mengguakan buku Cliff dan menurut saya buku tersebut bagus sekali. Very recomended for you, karena selain ada pembahasann structure and written yang ringkas tapi jelas juga ada cara mengkonvert skor TOEFL jadi kita bisa mengukur skor kita sendiri.


2408738.jpg


6. Pertama-tama kerjakan soal TOEFL yang ada di dalam buku tersebut berdasarkan waktu yang disediakan. Kemudian hitung nilai benar.

7. Fokuslah untuk belajar ke bagian yang paling banyak salahnya. Misalnya, kamu tadi hanya benar 20 soal untuk 50 soal listening maka sering-seringlah berlatih mendengarkan CD listeningnya.

8. Saat mengerjakan TOEFL untuk listening, jangan membaca buku soal atau menghitamkan jawaban terlalu lama saat percakapan berlangsung. Pokoknya dengarkan saja. Kesalahan sering terjadi karena kita mengerjakan hal lain saat percakapan dengan maksud untuk mendapatkan clue tapi sebenanarnya yang terbaik adalah mendengarkan percakapan secara seksama sampai mengerti.

9. Saat mengerajkan Structure and Written, jangan menghabiskan waktu terlalu lama karena cuma ada 25 menit saja

10. Saat mengerjakan reading, jangan panik, baca dulu pertanyaannya untuk mendapatkan gambaran sekilas (glance) baru baca teksnya. Jangan ribet duluan sama bacaan yang panjang.

Intinya, tidak mustahil untuk mendapatkan nilai TOEFL yang bagus hanya dengan persiapan yang minim. Yang penting adalah tetap PD, tenang, dan belajar secara efisien dan efektif, juga tidak lupa berdoa. Good luck all!

6 komentar:

  1. cara cek toelf mandiri gmana sih??

    BalasHapus
  2. http://groups.yahoo.com/neo/groups/internationaloffice/conversations/topics/3353

    coba cek:)

    BalasHapus
  3. Thx bro/sis! Ada saran ga buat yg TOEL IBT ?

    BalasHapus
  4. Waah...Hebat ya...Mau tau dong buku yg paling baik untuk belajar TOEFL??

    BalasHapus
  5. itu temennya kok bisa dpt skor toefl 700? bukannya maksimal 677? wkwkwkwk

    BalasHapus