Home

Selasa, 31 Agustus 2010

Evaluasi Ramadhan 1431 H

Ramadhan adalah bulan favorit, terutama bagi seorang mukmin.
Bagaimana tidak, udara sejuknya, atmosfer penuh damainya, dan suasana maghrib dan sahur yang tidak pernha mati, pasti bikin kita kangen setengah mati sama bulan yang cuman dikasih Allah SWT sekali dalam setahun ini.
Ramadhan bukan cuman sekedar bulan dimana setiap muslim yang baligh diwajibkan berpuasa. Ramadhan adalah bulan dimana Allah SWT memberikan banyak peluang untuk merasakan nikmatnya ibadah. Ramadhan adalah bulan yang mengenyangkan jiwa meski raga harus sedikit agak lapar.
Tetapi, terkadang tidak setiap saat kita mampu menghidupkan setiap hari dari ramadhan yang kita jalani. Meski nabi berkata bahwa syaitan itu dijamin gak bakal keliaran sepanjang bulan ramadhan ini tetap saja ada gangguan-gangguan dari dalam hati atau pun dari luar yang membuat puasa kita terasa kurang khusyuk.
Dan gangguan itu juga terpaksa saya rasakan saat ini. Kalau bisa dievaluasi, dari 30 hari ramadhan yang, alhamdulillah, bisa saya jalani ini. Ada sekitar 20 hari yang terasa kurang khusyuk karena tanggungjawab mengurus PSAF dan kuliah. Di 10 hari terakhir ini pun saya datang bulan. Huaaa...., kayaknya saya harus mengqodo sekitar 10 hari, nih.
Kalau ingatan saya ini masih benar, kira-kira jalannya puasa saya bisa dituliskan seperti ini:
10-15 Agustus (1-5 Ramadhan): Alhamdulillah, di 5 hari pertama ini saya merasa mendapatkan ramadhan karena tanggungjawab PSAF belum terlalu besar jadi masih bisa ramadhan bersama orang-orang di rumah. Selain itu, saya bisa mengkhatamkan 1 juz perhari :)
16-22 Agustus (6-12 ramadhan): Saat-saat inilah puncak tanggungjawab kepanitiaan, PSAF dan EPT BEM FISIP. Subhanallah, capeknya minta ampun. Minggu ini adalah minggu tantangan terberat dalam ramadhan, tapi meski demikian saya merasa puasa saya optimal karena dengan banyaknya kegiatan justru jadi makin fokus ke hal-hal positif. Namun, di tanggal 18-21 Agustus karena harus stay dari jam 6-21 malem di FISIP jadi tilawahnya gak bisa sampai satu juz/hari :(
23 Agustus-28 Agustus (13-18 ramadhan): Hahh....ramadhan fase ketiga ini merupakan saat-saat saya balas dendam atas kelelahan gara-gara badan di forsir utk PSAF dan EPT BEM. Tapi justru itu karena cuman leha-leha di rumah saya malah jadi lalai. Kadang bangun siang, jadi sholat dhuhanya telat, Payah banget deh. Iiih....kesel!.
Mungkin karena mindsetnya pengen bales dendam gara-gara PSAF minggu kmrn. Terus kayak ada perasaan mau dapet juga jadi yahh....gitu, deh. Minggu tergalau saya :(
29 Agustus-1 September (19-22 Ramadhan): wah, kalau dipikir-pikir ini udah masuk minggunya lailatu qodar ya. Hmm...tapi saya malah haid. Nah, kayaknya masa bersihnya hari Jumat atau Sabtu.
5 September-10 September (26-30 Ramadhan): InsyaAllah ini adalah masa saya kembali bisa menjalankan ibadah puasa. Alhamdulillah bisa dapet malam lailatul qodar dua hari, tanggal 27 dan 29. Terus bisa sholat idul fitri juga. Allah memberikan apa yang terbaik bagimu, bukan yang kamu inginkan.
Begitulah, evaluasi ramadhan saya. Saya selalu berdoa semoga saya bukan termasuk orang yang merugi saat ramadhan ini. Keinginan hamba ya Allah, semoga puasa, sholat, dan amalan hamba dapat menjauhkan hamba dari siksa api neraka. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar